Tuesday, January 17, 2012

Tutorial Gambas : Mengenal GAMBAS

Bagi Anda yang baru saja berkenalan atau bahkan sudah lama melakukan migrasi ke OS Linux, dan sebelum Anda terjun ke dunia Linux anda adalah seorang programmer handal di OS sebelumnya. Kemudahan serta beberapa tools yang sudah anda dapatkan di OS sebelumnya mungkin akan sangat membantu anda untuk mengerjakan beberapa project yang Anda. Terutama bagi anda yang terjun di dunia Desktop Programming, pasti akan bingung ketika harus bermigrasi dan bagaimana mengerjakan beberapa project berbasis desktop.

Okelah anda mungkin mengenal Visual Basic sebagai sebuah tools untuk developping aplikasi anda. Tapi tahukan anda ternaya kita juga bisa melakukan developping aplikasi berbasis Linux namun dengan gaya bahasa /style mirip dengan VB. Dan jawabannya adalah GAMBAS.

GAMBAS merupakan kependekan dari Gambas Almost Mean BASic. Ini merupakan hasil buah tangan dan otak cerdas seorang berkebangsaan Prancis bernama Benoit Minisi, dan GAMBAS sampai saat ini terus berkembang ketika awal di rilisnya yaitu sekitar tahun 1999.

Beradasarkan apa yang saya rasakan, GAMBAS tidak jauh berbeda bagaimana cara coding-nya. Bagi Anda yang sudah Advance di VB menurut saya tidak akan kagok menggunakan GAMBAS.

GAMBAS merupakan alternatif bagi ANda yang sering melakukan developping berbasis Desktop.

No comments:

Post a Comment